Skala pada miniatur


Ok, setelah kita tau bahan pembuat dari miniatur diecast, kemudian produsen yang membuat miniatur tersebut, nah sekarang gw mo jelasin masalah skala pada miniatur.

Skala itu adalah perbandingan ukuran sebenernya dengan bentuk miniaturnya. Contoh, misalkan kita punya miniatur motor X dengan skala 1:12… nah disini artinya bahwa 1 cm di miniatur = 12 cm di bentuk aslinya. satuan cm disini gak jadi patokan yah.. karena yang terpenting adalah perbandingan antara ukuran miniaturnya dengan aslinya bukan satuan pengukurannya

Miniatur itu skala berapa??

Nah sekarang untuk miniatur skalanya ada berapa??….wah klo ini banyak banget tuh karena klo melihat miniatur secara luas, skalanya pasti beda-beda. Contohnya gini, klo kita punya miniatur motor dengan skala 1:12, kita gak akan menemukan miniatur boeing 747 dengan skala 1:12. coba bayangin aja seberapa gede tuh miniatur boeing :D:D:D

Sekarang masuk ke skala diecast.Klo untuk diecast motor dan mobil biasanya mulai skala 1:6-1:87. Pembagianya kayak gini:
Motor : 1:6, 1:9, 1:10, 1:12, 1:18, 1:22, 1:24, 1:32
Mobil  : 1:12, 1:18, 1:24, 1:32, 1:43, 1:64,1:87

Scale for my diecast collection

Waduh banyak yah, terus klo mo koleksi mau cari skala mana??nah ini tergantung dari cara kita menikmati diecast tersebut. Umumnya untuk motor, orang enjoy dengan skala 1:12 sama 1:18 sedangkan untuk mobil skala 1:18 sama 1:24.

Saran saya perhitungkan juga tempat penyimpanan koleksi tersebut. Karena gak enak juga nanti ngeliatnya klo tempatnya kecil tapi miniaturnya gede or kebalikannya ataupun juga skalanya di campur pada tempat yang sama :D:D:D

3 Responses

  1. kalo ukuran velg yang 1 32 berapa centi ya???

  2. kalo mau belinya dimana ya? soalnya mau bikin diecast hellaflush

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: