Livery


Wah apa nih livery…??? Pertanyaan itu yang mungkin ada di benak para pembaca artikel ini. Livery dalam bahasa indonesianya adalah simbol, lambang atau atribut  dari sebuah objek atau bangunan yang bisa memberikan ciri khas dari  objek atau bangunan tersebut.

Pada dunia otomotif, livery ini mungkin bisa disebut dengan cutting sticker. Livery ini sering digunakan pada dunia balap sebagai penanda atau ciri khas dari pembalap, pabrikan atau sponsor tertentu.

Livery on MotoGP

Setiap team pasti memiliki livery yang berbeda-beda untuk kendaraannya. Sebagai contoh gampangnya  gw ambil livery dari team Honda Repsol. Dengan warna dasar hitam ditambah strip orange/ kuning, putih dan merah menjadikan kombinasi ini ciri khas dari team tersebut.  Hal ini tidak jauh karena kombinasi warna tersebut identik dengan Repsol dan Repsol adalah sponsor dari Honda Racing Team ( HRC ). Sejak jamannya Doohan sampe Pedrosa sekarang, liverynya tidak banyak berubah.

Pada dunia balap, livery menjadi daya tarik tersendiri dan bisa menjadi bahan pembicaraan selain hasil balap itu sendiri. Tidak jarang pabrikan merelease kendaraan dengan livery versi balapnya. Dengan alasan itulah kita bisa lihat masing-masing team membuat kreasi terbaiknya terhadap kendaraan pembalapnya. Coba bayangkan apabila balapan tanpa adanya livery ini, setiap kendaraan dibalut dengan 1 warna aja atau dengan warna yang sama. Yang ada balapan tersebut akan monoton sih menurut saya😀. Intinya, perbedaan itu indah😀😀😀

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: